PAC IPNU IPPNU Kaliori Meriahkan ETK 2018

0

Kaliori, pelajarnurembang.or.id | Sebanyak kurang lebih 24 orang anggota Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PAC IPNU IPPNU) Kecamatan Kaliori turut serta memeriahkan acara Estafet Tunas Kelapa (ETK) tingkat Daerah yang dilaksanakan oleh Kwartir Ranting Kaliori, Minggu (26/8/18).

Acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah sebagai salah satu rangkaian acara peringatan 57 tahun Pramuka. Sesuai rencana, kegiatan yang mengusung tema “Pramika Perekat NKRI” ini, akan dilangsungkan selama 13 hari dari tanggal 24 Agustus sampai 5 September 2018 dengan titik start berjumlah 14 titik se-Kwarda Jateng.

Adapun Kaliori, merupakan salah satu kecamatan yang menjadi rute perjalanan ETK terakhir di Kabupaten Rembang dengan berperan sebagai rombongan penyerahan tunas kelapa antar Kabupaten. Bertempat di lapangan Desa Wiroto sebagai titik start Kwartir Kaliori, kegiatan ini dilaksanakan dengan menempuh jarak sekitar 4,2 KM melewati 3 desa yakni Meteseh, Maguan, dan berakhir di Desa Kuniran Kecamatan Batangan Kabupaten Pati sebagai tempat penyerahan Tunas Kelapa. Perjalanan ditempuh dengan waktu yang sudah ditentukan, yakni 50 menit mulai pukul 08.10 – 09.00 wib.

Keikutsertaan IPNU-IPPNU dalam kegiatan ini merupakan permintaan dari Kwartir Ranting Kaliori, selaku pihak yang dilalui rute ETK.  “Kita dapat undangan dari Kwartir Ranting kaliori untuk berpartisipasi di ETK ini. Kita diminta mengirim satu peleton sebagai pasukan pengiring dari unsur ormas,” tutur Ketua PAC IPNU Kaliori, M. Luthfi Bashori.

Sebagai bentuk sinergi antar elemen masyarakat, Kwaran Kaliori mengundang sekurang-kurangnya 5 ormas setempat untuk turut hadir berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini, dengan mengirimkan masing-masing satu peleton pasukan  beranggotakan minimal 20 orang sebagai pasukan pengiring. Ormas tersebut diantaranya adalah Banser Ansor, IPNU-IPPNU, PSHT, Pagar Nusa dan Karang Taruna. “Banyak, nggak cuma IPNU-IPPNU. Ada Banser, PSHT, Pagar Nusa, sama Karang Taruna Desa Wiroto. Ya, semoga kedepannya semakin tumbuh sinergi antara ormas dengan lembaga instansi pemerintahan di lingkungan kecamatan Kaliori” Pungkasnya. (Luthfi/Kim)

Leave A Reply