Pelajar NU Sulang Sukseskan Gagasan Kebun Kawis

0

Sulang, pelajarnurembang.or.id | Pelajar Nahdlatul Ulama yang tergabung dalam Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PAC IPNU IPPNU) Sulang ikut menyukseskan kegiatan penanaman pohon identitas Kabupaten Rembang belum lama ini. Pohon yang ditanam adalah pohon kawis yang merupakan salah satu tanaman identik dengan Rembang lantaran buah dari pohon ini hanya banyak tumbuh di Kabupaten setempat.

Ketua PAC IPNU Sulang, M Irvanul Qorib mengatakan setidaknya ada sekitar 25 kader IPNU IPPNU Sulang yang ikut menyukseskan kegiatan tersebut. Para kader belajar bagaimana caranya menanam pohon kawis secara baik dan benar.

“Kegiatan ini sangat menarik. Kita diajak untuk melakukan pelestarian terhadap salah satu pohon yang menjadi iconya Kabupaten Rembang yaitu buah kawis. Kegiatan ini kita gunakan sebagai edukasi terhadap para kader pelajar NU yang ada di Sulang,” Katanya.

Perwakilan Komunitas Rembang Bergerak, Achmad Rif’an dalam akun facebooknya mengaku kegiatan tanam pohon yang digagas oleh Karang Taruna Bina Remaja Desa Panohan bekerja sama dengan komunitas Rembang Bergerak dan juga menggandeng IPNU IPPNU ini sebagai wujud pelestarian lingkungan.

“Kami dari Rembang Bergerak hanya mampu memberikan masukan ide segar, mensupport bibit dan juga tenaga semampunya. Namun berikutnya tetap yang Iebih dekat untuk memantau perkembangan pertumbuhannya”, katanya.

Menurutnya, tanaman buah kawis, pancen awis-awis. Jarang ditemukan dan perlu kesabaran menunggu masa berbuahnya. Rembang sebagai daerah dengan flora khas kawista, justru belum mempunyai tanaman kawis yang tersentra menjadi perkebunan. Sehingga harapannya ke depan dengan minimal 1000 pohon kawis di Kawasan Wisata Panohan inilah masyarakat bisa berkunjung nantinya. Buah yang termasuk jeruk-jerukan ini bertempurung, rasa dan baunya sangat istimewa.

Sementara itiu, kegiatan ini dilaksanakan di Petak 35D RPH Jukung BKPH Demaan KPH Mantingan, wilayah administrasi Desa Panohan. Ada dua jenis tanaman yang akan menjadi centra buah khas Rembang yaitu mulwa (sudah pernah saya statuskan) dan kawis (colavan Java). (Kim)

Leave A Reply