Ngalap Berkah Ramadhan, Nahdliyin Gelar Khotmil Quran

0

Rembang – Jum’at (17/6) malam, bertempat di Masjid Agung kota Rembang, digelar Khotmil Quran dan dialog Ramadhan. Tak hanya kaum Nahdliyin, warga setempat juga turut memadati kegiatan tersebut.

Muhammad Tijany, ketua pemrakarsa kegiatan menyebutkan, acara yang dimulai sejak waktu menjelang berbuka hingga malam hari itu merupakan inisiasi dari sejumlah banom NU dan komunitas nahdliyin di Rembang. Diantaranya Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Jamiyah Maulid Kubro (JMK) dan Komunitas Obrolan Santri.

“Acara ini kami buka untuk umum, agar lebih semarak. Sehingga Nahdliyin dengan warga setempat bersama-sama mencari keberkagan di bulan Ramadhan ini,” ujarnya.

Acara diawali dengan bersih-bersih Masjid, dilanjut dengan Khotmil Quran. Kemudian berbuka puasa bersama dan disambung sholat Maghrib dan Tarawih berjamaah. Puncak acara yakni dialog Ramadhan yang diiringi sholawatan oleh JMK, ditutup dengan Mahalul Qiyam dan pembacaan Sholawat.

“Dengan khataman Qur’an akan menambah pahal kita di bulan yang penuh berkah ini, sedangkan sholawatan merupakan wujud upaya kita untuk menumbuh kembangkan rasa kecintaan kepada nabi,” akunya.

Sementara itu, sekretaris Pimpinan Cabang (PC) IPNU Rembang, M Ulin Nuha sepakat kegiatan digelar di Masjid Agung kota Rembang. Menurutnya saat ini warga utamanya pelajar perlu dibekali pemahaman untuk dapat meramaikan dan memakmurkan Masjid sebagai tempat ibadah, serta menghidupkan tradisi ilmiah yang dialogis.

“Banyak anak muda sekarang yang mulai lupa akan semangat untuk berjuang meramaikan dan memakmurkan masjid sebagai tempat ibadah. Melalui kegiatan ini, sengaja digelar di Masjid untuk membangunkan semangat kaum muda di Masjid-masjid,” ujarnya. (DM38)

sumber : www.nurfmrembang.com

Leave A Reply