Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital

0

Rembang, peljarnurembang.or.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rembang dan Polres Rembang menggelar sarasehan Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital pada senin (25/11/2019). Acara bertempat di balai kartini Rembang senin malam.

Musyafa selaku ketua PWI Rembang, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pengguna sosial media yang banyak dari generasi milenial perlu diedukasi agar bijak dalam bersosial media.

“Sebagai insan pers kami memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat agar cerdas memanfaatkan media sosial,” ungkapnya.

Kapolres Rembang, AKBP Dolly A Primanto, selaku pemateri pertama memaparkan bahwa kebebasan berpendapat di sosial media juga harus ada aturannya, melakukan sebelum diunggah lebih baik di sharing terlebih dahulu.
“Sedikit-sedikit difoto dan divideo, kemudian langsung dishare tanpa disaring terlebih dahulu,” terang Kapolres Dolly.

Kapolres mengingatkan kasus yang terjadi di Papua, karena kebebasan berpendapat kita malah terjerumus kepada ujaran kebencian terlebih kasus SARA.

“Kalau kita angkat kasus Papua, sempat muncul masalah SARA di sini, beberapa waktu lalu. Jangan karena kebebasan berpendapat, bebas berekspresi, kita kemudian terjerumus pada ujaran kebencian mengandung SARA,” tegas Kapolres.

Penggiat sosial media, Ahmad Humam menyinggung laporan kasus kejahatan siber Polri di era digital bulan januari – juli 2019 paling tinggi yaitu kasus penipuan online.

“Dari data tersebut kita dapat mengetahui dan harus lebih waspada ketika mendapatkan informasi berupa iming-iming mendapatkan hadiah atau penawaran produk dengan harga murah dari harga standar di pasaran,” ungkapnya.

Sarasehan yang mengangkat tema Medsos Sehat, Rembang Bermartabat diikuti oleh admin media sosial, moderator grup, pelajar, mahasiswa dan perwakilan PC IPNU IPPNU Rembang ini, diikuti lebih dari 200 orang. (ulin)

Leave A Reply

X