Keutamaan Bulan Ramadhan

0

Rembang – pelajarNUrembang.or.id | Rekan dan rekanita seperti yang kita ketahui bahwa Allah SWT telah mengkhususkan bulan ramadhan sebagai bulan yang paling istimewa di antara bulan lainya. Semua hari di bulan ramadhan memiliki keistimewaan baik hari pertama maupun terakhir. Namun tahukah kalian teman-teman, bahwa bulan ramadhan itu terbagi menjadi 3 fase. Yakni 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari terakhir.

Pada fase pertama ini pintu rahmat dan pahala Allah SWT dibuka, namun fase ini juga disebut sebagai fase terberat. Kenapa bisa begitu..? Nahh, karena untuk fase pertama ini merupakan fase peralihan mulai dari peralihan makan yang biasa ke berpuasa, namun tidak hanya tubuh saja yang harus mengalami peralihan, tapi hati dan pikiranpun sama harus berusaha sabar dan ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa. Dan karena alasan inilah maka umat islam yang meninggalkan ibadah puasa di fase pertama dia akan sangat merugi.

Pada fase kedua terdapat maghfiroh (ampunan). Seperti yang kita ketahui bahwa Allah SWT itu maha pengampun dan penerima taubat bagi semua hambanya yang beriman. Maka jangan sia-siakan bulan yang penuh berkah ini rajinlah berdzikir dan meminta ampun kepada-Nya. Karena syarat utama bertaubat adalah senantiasa berdzikir dan memohon ampunan kepada Allah dengan menyesali apa yang telah kita perbuat dan berjanji dihadapanya untuk tidak mengulanginya.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh IPNU IPPNU PAC PAMOTAN (@ipnuippnupacpamotan) pada

Pada fase ketiga atau yang terakhir, yaitu itqun minan nar (pembebasan dari api neraka). Dan yang bisa membebaskan kita dari api neraka adalah amal ibadah kita sendiri, oleh karenanya dibulan yang suci ini mari nyengkuyung bersama saling srawung dan berlomba-lomba dalam hal kebaikan.

Contoh kecilnya saja sekarang ini yang sedang ramai diperbincangkan adalah wabah virus Covid-19, yang mana dampaknya tidak hanya dalam bidang sosial saja namun juga ekonomi. Dan inilah waktu yang paling tepat untuk teman-teman semua yang sekiranya kehidupanya agak sedikit berlebih ayoklah bantu saudara-saudara kita yang kesusahan, karena dalam situasi saat ini mereka hanya mengharapkan belas kasih dari sang dermawan. Apalagi ini bulan ramadhan betapa besar pahala yang kita dapat jika mau nyengkuyung membantu mereka yang kurang mampu.

Sekian dan terima kasih🙏
Salam pelajar, Salam hangat dari kami PC IPNU/IPPNU Kab. Rembang tetap semangat menunaikan ibadah puasa ya🙏. (fatimah)

Sumber : https://www.instagram.com/ipnuippnupacpamotan/

Leave A Reply

X