Makesta, Tekankan Kualitas dari pada Kuantitas

0

Kaliori, pelajarnurembang.or.id | Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PAC IPNU IPPNU) menekankan kualitas dari pada kuantitas dalam Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang di gelar Sabtu-Ahad (23-24/02 di gedung Madrasah Diniyah Miftahul Ulum, Desa Babadan Kecamatan Kaliori. Lebih dari 100 peserta mengikuti kegiatan ini.

Demikian dikatakan Ketua PAC IPNU Kaliori, M. Luthfi Bashori yang dikutip dari www.pelajarnukaliori1.blogspot.com belum lama ini. Dia mengatakan, kegiatan bertajuk Makesta dan Harlah IPNU IPPNU ini dilaksanakan dengan mengambil tema “Membentuk Kader Muda Yang Bervisi Kebangsaan Dengan Berlandaskan Ahlussunnah Wal Jama’ah”  ini diikuti oleh sebanyak 107 orang peserta delegasi dari berbagai Pimpinan Ranting, Anak Ranting dan Komisariat se-Kecamatan Kaliori, serta beberapa peserta tamu dari beberapa Ranting utusan Kecamatan Kota. Jumlah ini melebihi Kuota yang disediakan sebelumnya, yang hanya menyediakan porsi 90 orang saja.

“Kita memang tidak membuka kuota banyak, sebab kita ingin Makesta ini berjalan efektif. Lebih baik (jumlah peserta) sedikit tapi hasilnya bernas, daripada kebanyakan tapi materi tidak terserap secara efektif”, katanya.

Kegiatan ini, sedianya direncanakan untuk terlaksana pada akhir tahun 2018 lalu sesuai dengan hasil Rapat Kerja II yang dilaksanakan pada awal Oktober 2018, akan tetapi terpaksa ditunda karena beberapa kendala. Kegiatan ini akhirnya dilaksanakan berbarengan dengan hari lahir IPNU dengan diinisiasi oleh Wakil Ketua I PAC IPNU Kaliori, Rekan Ahmad Muid. “Mumpung ketemu moment yang tepat, kegiatan ini harus jadi. Tidak boleh diundur-undur lagi,” katanya dalam rapat sebulan sebelumnya.

Kegiatan Makesta yang degelar serangkaian dengan Harlah IPNU IPPNU ini dilaksanakan dengan mengikuti juklak terbaru yang dihasilkan dalam Kongres IPNU IPPNU di Cirebon pada Desember lalu, yakni dengan memasukkan sebanyak 6 (enam) materi wajib dengan menggunakan sistem penilaian yang  telah ditentukan dlam juklak. Berbeda dengan Makesta yang sudah-sudah, kali ini sertifikat hanya dapat diperoleh peserta setelah melalui RKTL (Rencana Kegiatan Tindak Lanjut) yang telah ditentukan oleh pengurus PAC Kaliori bersama pengurus PC Rembang.

Dalam pembukaannya, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua MWC NU Kaliori Jasmani, Ketua Fatayat NU Masfufah, Sekcam Kecamatan Kaliori, Kapolsek Kaliori, Wakapolres Rembang, serta tokoh NU dan Banom desa setempat. Selain materi-materi yang ditentukan, pelaksanaan kegiatan ini juga dilengkapi dengan kegiatan outbond, istighotsah, pembacaan sholawat asyghil dan pemotongan tumpeng Harlah, kemudian diakhiri dengan bai’at oleh ketua PC IPPNU Rembang, rekanita Siti Muthmainnah. (bas/kim)

Leave A Reply

X