Pagebluk Covid-19, Pelajar NU Sumber Adakan ‘Sinau Bareng’

0

Pagebluk pandemi Covid-19 yang tidak kunjung selesai semakin membuat sektor pendidikan turut terkena dampak besar. Pembelajaran secara daring, menuntut guru dan orang tua harus aktif dalam membimbing anak mengikuti kegiatan belajar mengajar jarak jauh, Sabtu (19/9).

Ketua Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kacamatan Sumber Dedi Setiawan mengatakan adaptasi pembelajaran selama pandemi perlu ditingkatkan. Hal tersebut selanjutnya munculnya gagasan IPNU IPPNU Kecamatan Sumber bersama orang tua dalam lingkup satu wilayah mengadakan ‘Sinau Bareng’.

“Sinau Bareng ini sebenarnya program kerja dari Pengurus Wilayah IPNU Jateng yang kemudian sampai ke tingkat Cabang dan Anak Cabang. Setelah kami jalankan dengan pemberitahuan ke masyarakat, ternyata banyak yang mendukung kegiatan Sinau Bareng ini,” jelasnya, Dedi kepada NURFM Rembang.

Rekan Dedi sapaan akrabnya menjelaskan bahwa dalam belajar bersama tersebut, Pelajar NU Sumber memberikan fasilitas pembimbingan belajar mengejar, mengerjakan tugas sekolah, dan pengulangan materi daring yang belum dipahami. Selain itu, kedekatan dalam Sinau Bareng dimaksudkan agar anak tidak patah semangat dalam belajar, justru semakin menambah semangat belajarnya.

“Kebanyak mereka kurang paham dengan beberapa materi yang disampaikan. Semua anak bisa bertanya materi apa saja yang belum dimengerti,” jelasnya.

Lebih lanjut, para pelajar yang mengikuti Sinau Bareng banyak yang berasal dari Sekolah Dasar. Pembelajaran daring yang sudah dijalankan selama inj, menurutnya anak-anak masih membutuhkan bimbingan secara khusus.

“Jumlah semua pelajar yang mengikuti Sinau Bareng ini ada 25 anak. Untuk tempatnya di Desa Logede, dan rencana berpindah ke ranting-ranting lain di Kecamatan Sumber,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, para pelajar NU Sumber juga mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan. Tidak hanya itu, anak-anak yang mengikuti Sinau Bareng diharuskan menjalankan protokol kesehatan.

“Sebelum kegiatan Sinau Bareng dimulai, kami melakukan cek suhu tubuh, dan cuci tangan pakai sabun. Kebiasaan baik ini selalu kita terapkan sehari-hari dengan selalu menggunakan masker,” pungkasnya.(ON)

 

Sumber : www.nurfmrembang.com

Leave A Reply

X