Rekanita Mila Sampaikan Hadist Bau Mulut Puasa

0

Rembang – pelajarNUrembang.or.id | Berbicara soal bau mulut saat berpuasa memang membuat kita jadi sedikit tidak nyaman, maka dari itu benar adanya apa yang telah Rekanita Kamila anjurkan ” Sikatlah Gigi Setelah Berbuka dan Sahur “. Karena menyikat gigi setelah makan sahur wajib hukumnya untuk menjaga agar bau mulut tak muncul seharian. Lantas setelah makan sahur kapan baiknya sikat gigi dilakukan..?

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh IPNU IPPNU PAC PAMOTAN (@ipnuippnupacpamotan) pada

Menurut Prof Dr drg Melanie S Djamil, M .Biomed. Dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti dalam artikelnya yang saya kutip dari media Tirto.id menjelaskan bahwa, setelah makan sahurlah sikat gigi yang paling tepat, menyikat gigi dilakukan sekitar 15-20 menit selepas makan.

Tujuanya adalah supaya sisa makanan yang menempel pada gigi bisa segera hilang, sebab jika sikat gigi dilakukan pada pagi hari atau beberapa jam setelah sahur maka sisa makanan tersebut akan merusak gigi dan membuat napas tak sedap.

Nah, rekan dan rekanita untuk mencegah bau mulut yang berlebihan selama berpuasa maka saya sarankan untuk cerdik dalam memilih makanan. Seperti kurangilah makanan manis yang akan mempercepat mulut menjadi asam dan makanan yang beraroma keras seperti jengkol dan petai.

Rasulallah SAW pernah bersabda ” Sesungguhnya bau mulut orang berpuasa jauh lebih indah disisi Allah, dibandingkan bau minyak kasturi ” HR. Muslim, Jadi untuk rekan dan rekanita semua jangan malu tetap berikhtiar jangan lupa sikat gigi setelah berbuka dan sahur yaa…!!!

Salam Pelajar…
Salam 3B…
Salam hangat dari kami PC IPNU/IPPNU Kab. Rembang dan tetap semangat menjalankan ibadah puasa ramadhan. (fatimah)

Leave A Reply

X